5 Daya Tarik Kelok Sembilan Jadi Wisata Ikonik Baru di Sumbar

Dipublikasikan oleh Syaful pada

Apakah akhir pekan ini anda ingin mengabiskan liburan ke Sumatera Barat ? Wah, jangan sampai lewatkan destinasi wisata Kelok Sembilan ya. Kelok Sembilan jadi wisata ikonik baru di Sumbar yang menuguhkan pemandangan eksotis. Penasaran kan ?

Kelok Sembilan Jadi Wisata Ikonik Baru di Sumbar

Kelok 9, salah satu objek wisata yang punya keindahan alam luar biasa indah. Tempat ini hampir setiap hari didatangi oleh banyak orang, menjadi tempat peristirahatan yang paling nyaman melepas penat. Sebenarnya, apa sih daya tarik wisata ikonik satu ini ?

1.      Lokasi Kelok Sembilan

Kelok Sembilan merupakan destinasi favorit yang berada di Payakumbuh. Lokasinya berada di jalan lintas antara kota Padang dengan kota Pekan Baru. Sehingga tak heran jika tempat ini menjadi tempat pemberhentian sejenak untuk istirahat melepas lelah selama perjalanan.

Objek wisata ini punya pemandangan yang sangat indah. Jaraknya sekitar 30 km sebelah Timur Payakumbuh, yang butuh waktu tempuh selama 1 jam perjalanan. Sementara dari kota Padang ke objek wisata ini jarak tempuhnya sekitar 6 jam.

Kelok 9 merupakan ruas jalan berkelok yang membentang sepanjang 300 meter di Jorng Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kcamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Jala ini memiliki tikungan yang sangat tajam dan lebar sekitar 5 meter, berbatasan dengan jurang serta diapit oleh dua perbukitan. Terbayang bukan bagaimana sensasi melintasi jalanan menantang ini ?

2.      Tiket Masuk Kelok Sembilan

Kelok Sembilan yang menjadi penghubung antara provinsi Sumatera Barat dan Riau ini tidak menetapkan harga tiket masuk alias gratis. Jadi siapapun boleh melintasi jalan berkelok ini tanpa membayar biaya tiket masuk.

3.      Rute Menuju Kelok Sembilan

Kelok 9 merupakan bentangan jalan berkelok yang terbilang ekstrim, berada di tengah hutan hijau nan indah. Para traveller tentunya dibuat penasaran dengan jalanan ekstrim ini karena kabarnya menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Tempat wisata ikonik di Sumbar ini menjadi jalan penghubung yang indah. Jika anda ingin melintasi jalanan ini, dari Pekanbaru ke Kota Padang pastinya melewati Kelok 9. Begitupula sebaliknya, jika menuju ke Pekanbaru dari Kota Padang juga melalui jalanan ini.

Nah, untuk mempermudah anda selama perjalanan wisata, kami sarankan menggunakan jasa tour & travel terbaik di Kota Padang. Pelangi Holidays, siap menemani perjalanan wisata anda mengelilingi tempat-tempat wisata indah di Sumbar, termasuk Kelok 9.

4.      Fasilitas di Kelok Sembilan

Kelok 9 jadi wisata ikonik baru di Sumbar yang ramai dikunjungi hampir setiap waktu. Seiring berjalannya waktu, dengan keramaian dan kepadatan yang terus meningkat, rupanya tidak sebanding dengan fasilitas jalan yang ada.

Mengingat kondisi jalan yang memiliki tanjakan curam dengan tikungan tajam, memiliki risiko bagi para pengendara apalagi truk besar bermuatan berat. Inilah yang menjadikan jalanan ini tidak memiliki fasilitas yang memadai seperti objek wisata pada umumnya.

5.      Penginapan di Dekat Kelok Sembilan

Kelok Sembilan yang terletak di Payakumbuh ini umumnya memiliki iklim yang sejuk. Sehingga para wisatawan betah berlamalama berada di lokasi wisata karena suasananya yang nyaman. Inilah yang membuat Kelok Sembilan menjadi salah satu wisata andalan di Sumbar.

Nah, bagi wisatawan yang ingin berwisata dalam jangka waktu beberapa hari, sebaiknya mencari penginapan yang lokasinya tidak jauh dari Kelok Sembilan. Ada beberapa rekomendasi hotel terbaik yang bisa anda jdikan sebagai tempat bermalam.

Diantara penginapan di kawasan Payakumbuh yaitu Campago Hotel, Emersia Hotel & Resort, Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Novotel Bukittinggi, Treeli Boutique Hotel, Prima Dini Hotel dan masih banyak hotel lainnya yang berada dekat dengan Kelok Sembilan.

Harga check in setiap hotel tentunya bervariasi tergantung berapa lama anda menginap dan fasilitas yang ditawarkan. Nah, untuk mencari penginapan yang nyaman sebaiknya anda sesuaikan dengan budget yang tersedia.

Nah, itulah dia sekilas informasi tentang Kelok Sembilan yang jadi wisata ikonik baru di Sumbar. Semoga perjalanan wisata anda menyenangkan ya! Jangan lupa booking paket wisata di Pelangi Holidays untuk dapatkan momen liburan berkesan dengan harga terjangkau.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *