Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah dan potensi wisata tersembunyi yang belum banyak dijamah oleh wisatawan. Salah satunya adalah wisata sejarah Batu Basurek yang ada di provinsi Sumatera Barat.

Mengenal 10 Sejarah Batu Basurek dan Harga Tiket Masuk

Batu Basurek merupakan salah satu wisata sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Jika anda pecinta wisata sejarah, Batu ini ada di Desa  Kubu Bajo wajib jadi tujuan wisata saat anda melancong ke Sumatera Barat.

Baca juga : 15 Tempat Wisata Rekomendasi di Batusangkar dan Tanah Datar

1.      Lokasi Batu Basurek

Objek wisata Batu Basurek lokasinya berada di Desa Kubu Rajo, Nagari Lima Kaum, Batusangkar. Batu yang terletak di atas makan Raja Adityawarman dengan tulisan kuno ini memiliki lebar batu 25 cm dengan tinggi 8 cm, ketebalan 10 cm dan berat 50 kg.

Bagi anda yang tertarik dengan wisata sejarah Batu tersebut, anda bisa menuju lokasi dengan mengendarai mobil atau motor pribadi. Memanfaatkan jasa sewa mobil di Pelangi Holidyas juga alternatif yang paling baik jika anda tidak memiliki kendaraan pribadi.

2.      Mengenal Batu Basurek

Batu ini secara harfiahnya berarti batu bertulisan. Jadi, Batu Basurek diartikan sebagai batu yang memiliki tulisan dan meyampaikan suatu pesan. Adapun isi tulisan pada batu tesebut ditulis menggunakan huruf jawa kuno dalam bahasa sansekerta.

Isi tulisan batu bersejarah ini berceita tentang Raja Adityawarman sebagai penguasa negeri emas yang murah hati lagi penuh kasih sayang. Prasarti ini diperkirakan ditulis sekitar tahun 1300-an masehi.

3.      Sejarah Batu Basurek

Travelling ke Batu ini rasanya belum lengkap kalau tidak mengenal sejarahnya. Batu bersejarah ini ditemukan pertama kalinya oleh seorang pakar sejarah asal Belanda yang bernama P. H Van Hengst, tepatnya pada 16 Desember 1880 silam.

Batu tersebut diperkirakan memiliki usia mencapai 650 tahun lebih. Salah satu peninggalan sejarah ini membuktikan keberadaan dan kejayaan Kerajaan Pagaruyung di Sumatera Barat pada masa lampau.

Adityawarman merupakan seorang anak dari Dara Jingga yang berasal dari daerah Dharmasraya, di tepi Sungai Batang Hari Jambi. Nah, daerah Dharmasraya ini merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat.

Pasalnya, belum diketahu secara pasti siapa penulis dan kapan tulisan di atas Batu tersebut dibuat. Akan tetapi ada yang memperkirakan bahwa batu sejarah ini ditulis sekitar tahun 1347.

Keberadaan prasasti Batu Basurek semakin memperkuat bukti keberadaan dan kekuasaan Adityawarman di Batusangkar. Namun sayangnya, prasasti ini tidak memberikan informasi yang jelas mengenai cakupan wilayah kekuasaan Adityawarman pada masa itu.

Akan tetapi, jika dirunut secara terperinci, raja-raja adat yang ada di hampir seluruh wilayah Sumatera Barat masih begaris keturunan dari raja-raja Pagaruyung. Hal inilah yang memperluat dugaan bahwa Adityawarman menguasai wilayah Minangkabau secara umum.

Walaupun ada kontroversi dibalik kekuasaan Adityawarman, objek wisata bersejarah Batu ini memberikan bukti kepada para wisatawan tentang pengetahuan akan kejayaan kerajaan Minangkabau pada masa lampau.

4.      Harga Tiket Masuk Batu Basurek

Umumnya, semua objek wisata akan menetapkan tarif tiket masuk yang berbeda natra weekday dan weekend. Lantas, bagaimana dengan wisata bersejarah Batu ini? Apakah harga tiket masuknya terbilang bersahabat ?

Yup, untuk memasuki kawasan wisata sejarah Batu Basurek, pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Harga tiket masuk Batu ini terbilang sangat murah, mengingat objek wisata bersejarah akan memberi pengetahuan yang bernilai kepada para pengunjungnya. Jadi, tempat wisata Batu Basurek yang murah ini cocok dijadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga.

5.      Jam Operasional Batu Basurek

Tiap-tiap tempat wisata mempunyai jam operasional yang berbeda. Begitu juga dengan destinasi wisata sejarah Batu Basurek. Untuk jam buka dan tutup di objek wisata Batu Basurek mulai pukul 07.30-00.00 WIB.

Jadi, jika anda tertarik ingin mengintip keunikan batu bersejarah ini jangan lupa datang pada jam operasional yang sudah ditentukan. Jika anda ingin perjalanan wisata yang aman dan nyaman, manfaatkan agen tour & travel yang ada di Pelangi Holidays ya.

Demikianlah uraian singkat mengenai tempat wisata sejarah Batu Basurek yang masih belum terjamah oleh banyak wisatawan. Walaupun demikian, potensi wisata yang ada di Sumatera Barat ini memiliki sejarah dan keunikan tersendiri yang mampu menarik perhatian traveller.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *