Pacu Jawi, adalah event tahunan Wisata Even Pacu Jawiang paling dinanti oleh banyak masyarakat dan penikmat wisata. Event wisata Pacu Jawi juga banyak diminati oleh pecinta budaya balapan tradisional Minang serta para fotografer lokal dan manacegara. Wah, menarik sekali bukan ?

Even Wisata Pacu Jawi

Momen Even Pacu Jawi adalah dimana para fotografer berburu foto terbaik. Event ini diselenggarakan oleh dinas pariwisata Kabupaten Tanah Datar setiap 2-3 kali dalam setahun. Namun saat ini, event pertandingan Even Pacu Jawi diadakan setiap bulan bahkan tiap akhir pekan.

Baca juga : 15 Tempat Wisata Rekomendasi di Batusangkar dan Tanah Datar

1.      Lokasi Event Wisata Pacu Jawi

Pacu Jawi merupakan sebuah atraksi khas yang ada di Kabupaten Tanah Datar. Jika anda tertarik ingin menyaksikan event yang menarik banyak perhatian wisatawan ini, anda bisa mampir di Kabupaten Tanah Datar.

Event Pacu Jawi diselenggarakan di empat kecamatan, meliputi Sungai Tarab, Pariangan, Lima Kaum dan Rambatan. Acara ini telah diselenggarakan selama berabad-abad untuk merayakan masa panen padi.

Walaupun lokasinya berada di empat titk keecamatan yang ada di Tanah Datar, atraksi ini merupakan sebuah ajang guna menggerakkan perekonomian masyarakat. Event Pacu Jawi melibatkan berbagai unsur sepertu penampilan kesenian, pertemuan petani dan pasar kuliner.

2.      Harga Tiket Masuk

Atraksi Pacu Jawi biasanya diadakan setiap hari Sabtu sepanjang tahun, terkecuali saat bulan Ramadhan. Event ini diakui secara resmi oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda khas Indonesia sejak tahun 2020.

Lantas, berapa harga tiket masuk yang harus dibayar untuk menyaksikan atraksi seru dan menarik dari Pacu Jawi ? Untuk menikmati Pacu Jawi, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

Akan tetapi, jika ada pengunjung yang ingin menyaksikan atraksi Pacu Jawi secara privat, maka harga paket yang ditawarkan mulai dari Rp 3.500.000/paket. Harga yang cukup fantastis untuk menikmati event menarik di  Kabupaten Tanah Datar.

3.      Sejarah Pacu Jawi

Even Pacu Jawi banyak diminati oleh masyarakat setempat hingga turis mancanegara karena keunikan atraksi didalamnya. Pacu Jawi sendiri merupakan tradisi yang sudah berumur ratusan tahun dan tetap awet hingga saat ini,

Sejarah Pacu Jawi mulai diadakan setelah musim panen padi. Dimana sambil menunggu musim tanam berikutnya, maka masyarakat setempat mengadakan semacam perhelatan serta permainan anak negeri. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas panen tersebut.

Baca Juga: Pilihan Itinerary Tour Padang Terbaik Sepanjang Masa

4.      Prosesi Pacu Jawi

Mengingat even Pacu Jawi telah berusia ratusan abad, dan sejarah panjangnya masih dipertahankan saat ini, bagaimana dengan prosesi Pacu Jawi ? Dalam prosesinya masih sama dan tidak ada yang berubah dari prosesi yang diwariskan oleh nenek moyang terdahulu.

Adapun prosesi Even Pacu Jawi yaitu dimulai dengan perhelatan terlebih dahulu yang dihadiri oleh ninik mamak dan tokoh masyarakat sebelum jawi pacuan turun ke arena. Jawi didandani, diberi pakaian kain serta diberi nama.

Setelah itu jawi akan diarak keliling kampung, dimana dalam arak-arakan turut hadir para bundo kanduang dengan dulang junjungan penuh dengan makanan. Sebelum atraksi pacuan dimulai, acara makan bajamba bersama digelar lalu dimulailah perlombaan Even Pacu Jawi.

Perlombaan dimulai dengan dilepaskannya jawi satu per satu ke dalam sawah basah berlumpur. Inilah prosesi Pacu Jawi yang masih dipertahankan hingga saat in. Atraksi yang paling ditunggu-tunggu oleh penikmat wisata budaya, wajib anda jadikan tujuan berwisata.

5.      Jadwal Event Pacu Jawi

Mengenai jadwal pelaksanaan event Pacu Jawi, yaitu diselenggarakan setiap akhir pekan selama setahun kecuali saat bulan Ramadhan. Sementara untuk tempat penyelenggaraannya biasanya bergilir dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya di wilayah Tanah Datar.

Keunikan event Pacu Jawi dalam penyelenggaraannya terletak pada saat bulan puasa. Dimana setiap kali bulan Ramadhan datang, tradisi ini tutup sementara untuk menghargai bulan Ramadhan. Tentunya ini sejalan dengan prinsip utama masyarakat Minangkabau.

Itulah event menarik di Tanah Datar yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Dengan menyaksikan event wisata Pacu Jawi, tentu saja akan membuat momen liburan yang mengesankan. Yuk ajak keluarga liburan bersama dengan paket wisata di Pelangi Holidays!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *