Padang punya wisata ikonik berupa Jembatan Siti Nurbaya yang pesonanya terpancar saat malam hari. Mengunjungi objek wisata gratis di Jembatan Siti Nurbaya adalah pilihan paling pas mengisi waktu liburan akhir pekan di Sumatera Barat.

5 Daya Tarik untuk Mengunjungi Objek Wisata Gratis di Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya berdiri kokoh di atas Sungai Batang Arau, objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru. Apakah anda tertarik dengan pesona yang ditawarkan oleh jembatan satu ini ? Mari simak uraian berikut.

1.      Sejarah dan Perkembangan Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya dibangun pada saat pemerintahan Presiden Soeharto, tepatnya pada tahun 1995.  Kemudian pembangunan jembatan baru rampung pada awal tahun 2022. Tidak lama setelah jembatan selesai, Presiden Soeharto langsung meresmikannya.

Jembatan yang memiliki panjang 156 meter di atas aliran Sungai Batang Arau. Sebenarnya, jembatan ini terinspirasi dari judul novel klasik karya Marah Rusli, Siti Nurbaya, Diketahui bahwa jembatan ini merupakan satu-satunya akses menuju kawasan Gunung Padang.

Kawasan wisata ini akan lebih ramai saat menjelang senja karena pemandangan di sekitar jembatan yang sangat indah saat malam hari. Kemerlap lampu jalanan yang berasal dari pemukiman yang ada di hulu sungai tampak sangat jelas, menambah keromantisan suasana.

2.      Daya Tarik Jembatan Siti Nurbaya

Menjadi salah satu spot wisata terpopuler di Padang, tentunya ada daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan ingin berkunjung ke Jembatan Siti Nurbaya. Ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh spot wisata jembatan yang ikonik ini.

Menyaksikan view dari atas jembatan, adalah salah satu tujuan wisatawan ingin mendatangi tempat wisata ini. Dari atas jembatan, terlihat perahu dan berbagai macam kapal hilir-mudik melintasi Sungai Batang Arau.

Pemandangan yang tidak kalah menariknya lagi yaitu adanya barisan kapal yang sedang bersandar. Didukung oleh aliran air sungai yang warnanya hijau kebiruan dan jernih layaknya sungai yang ada di Swiss.

Menariknya lagi, rumah-rumah warga yang ada di kawasan hulu sungai cat rumahnya berwarna-warni. Inilah yang menjadikan pemandangan sekitar yang terlihat lebih unik dan eksotis.

3.      Fasilitas di Kawasan Jembatan Siti Nurbaya

Mengunjungi objek wisata gratis di Jembatan Siti Nurbaya, rupanya sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan tempat wisata ikonik ini. Diketahui tidak banyak fasilitas yang tersedia, hanya beberapa saja yang dapat menunjang kaegiatan wisata di jembatan ini.

Fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung adalah perahu wisata yang menyusri Sungai Batang Arau. Ada pula warung-warung makan di sepanjang tepi hulu sungai untuk menjamu wisatawan yang ingin menikmati wisata kuliner khas masakan Padang.

Fasilitas lainnya yaitu tempat parkir khusus untuk sepeda motor yang terletak di sisi kiri jalan. Sayangnya, tidak tersedia fasilitas khusus untuk parkor mobil, sehingga pengunjung yang membawa mobil terpaksa memarkir mobil di sepanjang tepi jalan.

  1. Harga Tiket Masuk Lokasi Wisata

Jembatan Siti Nurbaya menjadi infrastruktur untuk kelancaran lalu lintas transportasi di Kota Padang. Inilah yang menjadikan masyarakat dapat memanfaatkannya secara gratis. Karena menjadi bagian dari fasilitas publik, maka tidak dipungut biaya apapun untuk memasukinya.

Walaupun Jembatan Siti Nurbaya saat ini menjadi spit wisata yang ramai dikunjungi, tidak ada tiket masuk yang ditetapkan untuk menikmati segala daya tarik yang ada. Namun bagi pengunjung yang ingin menjelajahi sungai harus mengeluarkan biaya untuk menyewa perahu.

Sementara itu ada juga biaya parkir yang wajib dibayarkan oleh pengunjung yang membawa kendaraan. Anda bisa menyiapkan uang kecil agar lebih mudah membayar biaya parkir. Untuk parkir kendaraan dikenai tarif Rp 2.000 dan mobil sebesar Rp 5.000.

4.      Lokasi dan Rute Menuju Tempat Wisata

Objek wisata ini berlokasi di Jalan KP. Batu, Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Karena lokasinya terbilang cukup strategis dan mudah dijangkau, anda bisa mengendarai sepeda motor ataupun mobil jika ingin menuju ke lokasi wisata.

Rute paling mudah menuju Jembatan Siti Nurbaya yaitu berangkat dari Kota Padang, melalui By Pass lalu belok kiri. Kemudian setelah tiba di Jalan Dr. Moh. Hatta menuju Jalan Sisingamangaraja dan akan tiba di Jalan KP Batu menuju lokasi wisata.

Bagi yang ingin lebih praktis dalam menempuh perjalanan wisata, sebaiknya menggunakan jas atour & travel dari Pelangi Holidays. Dengan sewa mobil terbaik, paket wisata murah dan dipandu oleh driver berpengalaman, tentunya liburan akan terasa lebih aman dan nyaman.

Mengunjungi objek wisata gratis di Jembatan Siti Nurbaya adalah momen liburan yang seru dan menyenangkan. Apalagi, jika anda memilih paket wisata dari Pelangi Holidays, dijamin anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang tidak mudah terlupakan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami!