Sumatera Barat, menyimpan beragam wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi. Saat berkunjung ke kawasan Sumbar, anda bisa singgah di tempat wisata sejarah di Museum Adityawarman.

Tempat Wisata Museum Adityawarman

Museum Adityawarman adalah salah satu objek wisata edukasi dan budaya yang cocok dikunjungi untuk liburan bersama keluarga. Beragam koleksi menarik bisa anda saksikan di museum bersejarah ini. Dijamin deh liburan anda terasa lebih menyenangkan

Baca juga : 15 Tempat Wisata Rekomendasi di Batusangkar dan Tanah Datar

1.      Lokasi Museum Adityawarman

Museum Adityawarman beralamatkan di Jl. Diponegoro, Kota Padang, Sumatera Barat. Lokasi tepatnya berada di belakang Tangsi yang mudah dijangkau oleh pengunjung karena letaknya cukup strategis.

Untuk menuju ke lokasi Museum tersebut terbilang mudah, karena lokasinya yang berada di area kota. Tidak perlu takut tersesat saat menuju lokasi wisata, karena di pinggiran jalan sudah tersedia banyak petunjuk jalan untuk mencapai lokasi museum.

Nah, jika anda ingin menikmati perjalanan wisata yang lebih aman dan nyaman, tentunya anda perlu menggunakan jasa tour & travel terbaik di Kota Padang. Dimana lagi kalau bukan di Pelangi Holidyas, menyediakan sewa mobil dan paket wisata dengan harga terjangkau.

2.      Harga Tiket Masuk Museum Adityawarman

Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan dengan berwisata ke Museum Adityawarman, cukup membayar tiket masuk Rp 5.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Harga tiket yang sangat bersahabat menjadikan museum ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat musim liburan tiba. Museum ini memang menjadi tempat tujuan wisata yang cocok untuk menghemat budget wisata.

3.      Jam Operasional Museum Adityawarman

Nah, jika anda berniat ingin mengunjungi Museum Adityawarman, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu kapan jam buka dan jam tutup dari museum tersebut. Jam operasional museum ini dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Anda bisa datang kapan saja karena museum ini buka setiap hari walaupun hari libur. Bahkan saat weekend atau hari libur Museum Adityawarman padat dikunjungi oleh para pelajar dan wisatawan lainnya.

4.      Sejarah Museum Adityawarman

Museum Adityawarman yang berada di kawasan Padang ini memiliki luas bangunan mencapai 2.850 m2. Bentuk bangunan museum ini mengikuti gaya rumah Gadang, yang arsitekturnya khas dari Minangkabau.

Pembangunan museum ini dilangksungkan pertama kalinya pada tahun 1974 silam. Adapun tujuan dibangunnya museum ialah sebagai pusat pelestarian benda-benda peninggalan sejarah.

Diantara pelestarian yang harus dijaga meliputi cagar budaya Mentawai, cagar budaya Minangkabau serta cagar budaya nusantara secara umum. Sementara peresmian dari Museum Adityawarman dilakukan pada 16 Maret 1977 oleh kementrian pendidikan dan budaya.

Nah, untuk pemberian nama Adityawarman pada museum baru dilakukan pada 28 Mei 1979. Nama tersebut diambil dari nama seorang raja yang pada masa lampau pernah berkuasa di daerah Minangkabu.

Raja Adityawarman berasal dari bangsawan Majapahit yang memerintah pada tahun 1347-1375 M. Inilah asal muasal dibangunnya Museum tersebut dan pemberian nama museum.

5.      Koleksi Museum Adityawarman

Tempat wisata sejarah yang ada Kota Padang ini memiliki beragam koleksi menarik yang bisa anda saksikan saat berkunjung kesana. Diantara koleksi tersebut yaitu terdapat 6.000 koleksi peninggalan sejarah yang meliputi biologika, arkeologika, geologika dan lain-lain.

Selain itu ada juga koleksi benda peningalan kerajaan Dharmasraya berupa duplikat patung Amoghapasa dan Bhairawa. Semua koleksi yang ada di museum sangat menarik untuk disaksikan.

Saat anda berkunjung ke Museum iniyang menyimpan banyak sekali pengetahuan dan informasi yang belum anda ketahui, tentu saja akan menambah wawasan anda. Apalagi liburan bersama keluarga tercinta, anak-anak tentu akan merasa senang.

Di tempat wisata sejarah ini juga anda akan mengenal kebudayaan Minangkabau. Berlibur sembari belajar mengenal sejarah dan budaya masyarakat Minangkabau tentu saja merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan.

Nah, itulah dia ulasan mengenai lokasi, harga tiket, sejarah dan lainnya terkait Museum Adityawarman. Jika anda berniat ingin mengunjungi tempat wisata sejarah satu ini, segera booking paket wisata di Pelangi Holidays ya. Agen tour & travel terbaik di Kota Padang!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *