Siapa disini pecinta wisata bersejarah ? Kalau anda ingin mengenal sejarah Bung Hatta, kota Bukittinggi jadi tempat yang wajib anda kunjungi. Cara berkunjung ke Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta akan diulas pada artikel kali ini.

7 Keunikan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Sebagai kota wisata, Bukittinggi tentunya mempunyai beberapa tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta salah satunya, tempat wisata sejarah yang membuat banyak wisatawan penasaran dengan isi museum dan cerita sejarah didalamnya.

1.      Lokasi Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Berada di dekat jantung kota Bukittinggi, Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta lokasi tepatnya berada di Jl. Soekarno-Hatta No.37, Bukittinggi, Sumatera Barat. Karena lokasinya yang strategis sehingga membuat pengunjung mudah menjangkau tempat wisata ini.

Bukittinggi merupakan daerah yang berada di dataran tinggi Sumatera Barat. Menjadi kota kelahiran Bung Hatta, wakil presiden pertama sekaligus proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia.

2.      Rute Menuju Lokasi Wisata

Untuk menuju ke Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, rute yang dilalui sangat mudah. Jika berangkat dari Jam Gadang, Bukittinggi anda hanya perlu waktu berjalan sekitar 15 menit untuk tiba di lokasi.

Museum ini juga dapat dijangkau dari Bandara Internasional Minangkabau, Padang yang berjarak sekitar 100 km. Jangan khawatir akan bosan selama perjalanan, karena anda akan disuguhkan oleh pemandangan bukit yang berkelok menuju tempat wisata.

Namun bagi anda yang ingin lebih praktis, jangan ragu memanfaatkan agen tour & travel Pelangi Holidays. Jasa tour & travel terbaik di Kota Padang yang siap menemani perjalanan wisata anda mengelilingi tempat-tempat wisata di Bukittinggi.

Cara berkunjung ke Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta dapat disesuaikan dengan kemampuan dan budget. Untuk itu, rencanakan perjalanan wisata jauh-jauh hari agar dapat tertata dan berjalan dengan baik. Pelangi Holidays siap menjadi guide profesional bagi anda.

3.      Harga Tiket Masuk ke Museum

Wisata Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Selain karena anda bisa mengenal cerita sejarah masa lampau, untuk masuk ke museum ini sama sekali tidak dikenakan biaya.

Pihak pengelola museum tidak menetapkan biaya tiket masuk sehingga setiap pengunjung dapat masuk ke museum secara gratis. Bagi anda yang berniat mengunjungi wisata berserjarah ini, silahkan datang kapan saja mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

4.      Daya Tarik Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Tidak jauh dari pusat kota Bukittinggi, ada sebuah tempat wisata sejarah yang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, objek wisata yang dapat menambah pengetahuan sejarah mengenai Bung Hatta.

Museum ini dahulunya merupakan rumah bergaya klasik. Disana anda akan diajak mengenal lebih dekat kehidupan Bung Hatta dari beliau masih kanak-kanak hingga masa dewasa saat perjuangannya mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Uniknya, museum ini dibangun mengikuti bentuk aslinya. Hal ini bisa dilihat dalam berbagai dokumntasi milik keluarga Bung Hatta. Sementara itu, sebagian besar perabotan di dalam museum merupakan barang-barang asli dari peninggalan masa kecil Bung Hatta.

Begitu juga dengan tata letak perabotan di museum yang masih sama persis dengan tempat asalnya. Bahkan sepeda ontel milik Bung Hatta tersimpan rapi di kamar yang terletak di paviliun belakang bangunan utama.

Daya tarik objek wisata ini tak lain adalah memberi pengetahuan bagi para pengunjung tentang kisah masa lampau sang Proklamator. Museum ini menjadi tujuan wisata yang paling pas karena mengenalkan sejarah sekaligus mengedukasi.

5.      Sejarah Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Rumah kediaman Bung Hatta ini sebenarnya sudah runtuh pada tahun 1960-an. Kemudian dibangun ulang lah rumah dimana Bung Hatta dilahirkan atas gagasan Ketua Yayasan Pendidikan Bung Hatta.

Proses pembangunan rumah Bung hatta dimulai pada tanggal 15 Januari 1995. Kemudian akhirnya rumah ini diresmikan tepatnya pada tanggal 12 Agustus 1995, yang bertepatan dengan hari lahir Bung Hatta.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara berkunjung ke Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta. Semoga liburan anda selama di Bukittinggi menyenangkan ya! Jangan lupa booking paket wisata dan sewa travel di Pelangi Holidays demi kenyamanan perjalanan wisata anda.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami!