Apakah anda pernah mengunjungi kawasan Sumatera Barat ? Selain menyimpan beragam wisata menarik, provinsi ini juga banyak ditemukan jejeran rumah gadang. Salah satunya wisata Seribu Rumah Gadang Minangkabau yang cocok dijadikan tempat rekreasi.

10 Keunikan Wisata Seribu Rumah Gadang Minangkabau

Kawasan Seribu Rumah Gadang Minangkabau menjadi salah satu objek wisata yang wajib anda singgahi selagi berada di daerah Solok Selatan. Rumah tradisional ini tentunya memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Baca juga : 9 Tempat Wisata Solok Selatan Paling Favorit Saat Ini

1.      Lokasi Seribu Rumah Gadang Minangkabau

Menghabiskan liburan akhir pekan dengan mengunjungi rumah adat Minangkabau adalah salah satu alternatif rekreasi yang menyenangkan. Selain pantai dan pegunungan, wisata Seribu Rumah Gadang Minangkabau juga cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Objek wisata ini terletak di Koto Baru, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan, Sumatera Barat. Kawasan ini jaraknya sekitar 130 km dari Kota Padang. Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 4-5 jam dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Tempat wisata ini lokasinya dekat dengan perbatasan, jadi anda bisa menuju lokasi wisata melalui Sungai Penuh Kabupaten Kerinci, Jambi. Jarak objek wisata dari Sungai Penuh sekitar 120 km dengan memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan.

Tidak perlu khawatir akan merasa bosan selama perjalanan menuju tempat wisata. Rasa lelah akan terbayar dengan suguhan pemandangan yang indah sepanjang peerjalanan. Anda juga bisa menikmati perjalanan wisata yang aman dan nyaman bersama Pelangi Holidays.

2.      Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Menjelajahi tempat-tempat wisata di Sumatera Barat memang tidak akan mengundang kecewa. Apalagi biaya tiket masuknya yang rata-rata sangat bersahabat. Lantas, bagaimana dengan harga tiket masuk ke wisata Seribu Rumah Gadang Minangkabau ?

Untuk memasuki kawasan objek wisata ini, pengunjung tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis. Anda bisa mengajak keluarga liburan bersama ke temapt wisata ini dan menikmati keunikannya tanpa perlu membayar tiket masuk. Menarik sekali, bukan ?

3.      Jam Operasional Wisata Rumah Gadang Minangkabau

Anda bisa mengunjungi objek wisata ini mulai pukul 09.30-17.30 WIB. Namun tentunya untuk menikmati wisata yang lebih nyaman anda bisa datang saat hari terang. Untuk jam operasional wisata Seribu Rumah Gadang ini bisa berubah sewaktu-waktu.

4.      Sejarah Penamaan Objek Wisata

Mengunjungi objek wisata yang cukup populer rasanya tidak lengkap kalau belum mengenal sejarahnya. Pemberian nama Kawasan Seribu Rumah Gadang bermula dari kunjungan Meutia Farida Hatta Swasono, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan pada tahun 2008.

Beliau memberi julukan Solok Selatan sebagai Nagari Seribu Rumah gadang karena banyak ditemukannya rumah gadang di kawasan Solok Selatan. Menariknya, kawasan ini pernah dinobatkan sebagai Kampung Adat Terpopuler di Indonesia pada tahun 2017.

5.      Daya Tarik Objek Wisata

Keindahan kawasan Seribu Rumah Gadang Minangkabau menjadi daya tarik tersendiri yang mampu memikat banyak wisatawan untuk berkunjung. Di kawasan wisata ini anda akan disuguhkan oleh pemandangan rumah gadang yang tersusun rapi.

Rumah gadang yang usianya ratusan tahun ini masih berdiri kokoh dengan keunikannya. Walaupun kawasan wisata ini dijuluki sebagai seribu rumah gadang, namun jumlah aslinya ada sekitar 174. Jumlah tersebut mewakili setiap suku yang ada di daerah Minangkabau.

Daya tarik wisata ini terletak dari indahnya suasanya disana, bahkan kawasan ini sempat dijadikan sebagai lokasi syuting film dan TV. Anda bisa menikmati keindahan kawasan wisata ini dari menara songket yang memiliki ketinggian setikar 25 meter.

Dari menara songket, anda bisa menyaksikan gunung aktif tertinggi di Asia Tenggara, yakni Gunung Kerinci. Darisana tampak sangat jelas layer-layer lanskap gunung yang menjadi backgoround yang sangat menakjubkan.

6.      Fasilitas di Kawasan Objek Wisata

Mengingat wisata Seribu Rumah Gadang Minangkabau menjadi destinasi favorit, maka kawasan ini juga memberikan fasilitas yang menunjang aktivitas para wisatawan. Dengan keindahan yang mempesona, objek wisata ini menawarkan fasilitas home stay.

Wisatawan yang ingin bermalam di area wisata, bisa menggunakan fasilitas home stay yang dikenai tarif Rp 200.000 per malam. Haga tersebut sudah include sarapan dan makan malam khas Minang.

Itulah dia daya tarik yang dimiliki wisata Seribu Rumah Gadang Minangkabau yang sangat mempesona. Jika anda berniat ingin menikmati liburan akhir pekan dengan mengunjungi kawasan wisata ini, jangan lupa manfaatkan jasa tour & travel terbaik di Pelangi Holidays ya!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami!