Sumatera Barat memiliki beragam destinasi wisata yang sangat menarik untuk diexplore. Salah satu objek wisata yang dipunya yaitu Danau Singkarak dengan pesonanya yang memikat. Nah, cara berwisata ke Danau tersebut akan diulas di artikel ini.

Cara Berwisata ke Danau Singkarak di Sumbar

Danau Singkarak, danau terluas kedua di Pulau Sumatera yang menawarkan keindahan luar biasa mempesona. Landscape airnya yang luas nan indah seolah mampu menciptakan suasana ketenangan. Apa saja daya tarik yang dimiliki danau populer di Kabupaten Solok ini ?

1.      Lokasi Danau Singkarak

Danau tersebut adalah objek wisata yang letaknya membentang di antara dua kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau seluas 107,8 km2 ini merupakan hulu dari sungai atau Batang Ombilin.

Jarak danau ini dari Kota Padang sekitar 70 km jika berangkat dari Solok, yang memakan waktu selama 2 jam perjalanan. Sementara jika melalui Padang Panjang, waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam.

Untuk menuju ke lokasi wisata Danau tersebut, sebaiknya anda menggunakan jasa tour & travel rekomended dan terpercaya. Kami sarankan untuk memilih Pelangi Holidays, agen perjalanan wisata yang siap membuat liburan anda di Solok lebih aman dan nyaman.

2.      Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket masuk Danau Singkarak terbilang sangat terjangkau, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000/orang. Disamping itu juga perlu membayar biaya parkir kendaraan, untuk sepeda motor dikenai tarif Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk parkir mobil.

3.      Rute Menuju Danau Singkarak

Cara berwisata ke Danau Singkarak di Sumbar cukup mudah, apalagi jika anda sudah mengetahui rute perjalanan menuju lokasi wisata. Jika anda berangkat dari Kota Padang, lokasi wisata dapat dicapai melalui Solok.

Rute melewati kawasan Solok akan menjadi perjalanan wisata Solok yang tidak membosankan. Walaupun di Solok anda harus melalui tikungan-tikungan tajam, namun ada panorama indah yang menemani perjalanan wisata anda hingga tiba di Singakarak.

4.      Sejarah Asal Usul Danau Singkarak

Danau seluas kurang lebih 11.200 hektar ini merupakan jenis danau tektonik yang terbentuk atau berasal dari aktivitas lempeng bumi. Kedalaman danau yang mencapai 268 meter dengan lebar sekitar 6,5 km membuat Danau Singkarak memiliki bentuk yang memanjang.

Pada tahun 1992, pemerintah setempat membangun PLTA Singkarak dan terowongan air sepanjang 19 km. Kemudian terowongan inilah yang menembus bukit barisan sehingga kini dipakai sebagai sumber daya PLTA.

5.      Daya Tarik Danau Singkarak

Danau tersebut menjadi wisata populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Dikenal sebagai destinasi yang menyajikan pemandangan alam yang sangat memukau, bentangan air luas dengan perbukitan hijau yang menghiasinya.

Di sekitar danau terdapat area persawahan dengan latar belakang Bukit Barisan, yang menjadikan keindahan wisata ini tidak terbantahkan lagi. Saat anda berkunjung ke Danau tersebut, anda bisa mengelilingi danau sembari menikmati suasana yang nyaman disana.

6.      Aktivitas di Danau Singkarak

Tour De Singkarak, merupakan salah satu event bertaraf Internasional yang rutin digelar di kawasan danau. Kejuaraan olahraga sepeda yang diadakan sejak tahun 2009 ini rupanya berhasil menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung.

Di Danau Singakarak anda bisa melakukan beberapa aktivitas seru seperti berenang, memancing, dayung, terjun bebas, paralayang dan masih banyak lagi yang lainnya. Menariknya lagi anda bisa menikmati keindahan Puncak Cinangkiak dari ketinggian.

Bagi anda yang datang ke Danau Singkarak juga bisa menikmati wisata kuliner. Anda bisa menemukan beberapa warung makan di area wisata dan mencicipi makanan khas disana, seperti olahan ikan taawar. Ada juga menu ikan goreng tepung yang menjadi menu favorit.

7.      Penginapan di Dekat Danau Singkarak

Bagi wisatawan yang tertarik untuk berwisata ke Danau Singkarak dan ingin bermalam, ada beberapa pilihan penginapan di dekat objek wisata. Diantaranya yaitu Hotel Palapa Prima, Hotel Sumpur Singkarak, Hotel Jaya Karta dan Villa Yuke Koto.

Nah, itulah dia cara berwisata ke Danau Singkarak di Sumbar yang punya pesona alam begitu menakjubkan. Jadi, untuk menuju ke kawasan objek wisata ini anda bisa sewa mobil di Pelangi Holidays. Semoga perjalanan wisata anda menyenangkan ya!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *