Indonesia adalah negara yang kaya dengan wisata alamnya, termasuk kawasan Sumatera Barat yang punya pesona wisata unik. Jembatan Limpapeh, objek wisata free yang menarik di Sumbar layak anda kunjungi selagi melancong ke Ranah Minang.

Jembatan Limpapeh, 15 Objek Wisata Free yang Menarik di Sumbar

Jembatan Limpapeh, bukan sebuah jembatan biasa seperti jembatan pada umumnya. Walaupun jembatan ini sederhana, namun memiliki daya jual yang tinggi. Tak heran jika banyak yang jatuh cinta dan mengunjungi objek wisata satu ini.

Baca juga : 16 Tempat Wisata Terbaru di Kota Bukittinggi dan Agam

1.      Lokasi Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh, objek wisata unik yang ada di Kota Bukittinggi. Lokasi tepatnya terletak di Jalan Ahmad Yani, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung bisa masuk melalui Benteng Fort De Kock.

Yup, objek wisata ini memang menjadi salah satu tujuan wisata paling menarik untuk menikmati Bukittinggi. Disamping itu, kawasan jembatan ini tidak jauh dari ikon-ikon wisata Bukittinggi yang populer seperti Jam Gadang hingga Benteng Fort de Kock.

Jembatan Limpapeh memiliki panjang sekitar 90 meter dengan lebar 3 meter. Kedua sisi jembatan sengaja dibuat dari kawat baja yang berukuran cukup besar. Pada bagian tengah jembatan terdapat bangunan yang berfungsi sebagai penyangga agar jembatan tetap kokoh.

2.      Rute Menuju Lokasi Wisata

Jembatan Limpapeh yang berada di kawasan Bukittinggi memiliki beberapa rute yang bisa dilewati untuk memasuki objek wisata ini. Anda bisa masuk melalui Taman Margasatwa ataupun Benteng Fort De Kock.

Jika ingin menuju lokasi melalui Benteng Fort De Kocok, anda bisa naik bus dari SMAN 3 Bukittinggi naik bus jurusan Pasar Bawah – Simpang Aur. Kemudian turun di RSUD Dr. Achmad Mochtar, dilanjutkan dengan berjalan sejauh 200 meter.

Sementara jika masuk dari Taman Margasatwa anda bisa memilih bus dari Terminal Aur Kuning. Naik bus dengan jurusan Belakang Pasar Aur – Gulai Gancah. Selanjutnya turun di persimpangan Mandiangin dilanjutkan dengan berjalan sejauh 900 meter.

Nah, jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya anda bisa memilih sewa mobil di Pelangi Holidays. Salah satu jasa tour & travel terbaik di Kota Padang yang menyediakan berbagai kebutuhan paket wisata, lengkap dengan sewa mobil dengan sopir profesional.

3.      Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Jembatan Limpapeh, objek wisata free yang menarik di Sumbar. Ya, para pengunjung yang ingin menikmati keunikan jembatan ini tidak dipungut biaya apapun. Hanya saja membayar tiket masuk objek wisata Taman Margasatwa atau Benteng Fort De Kock.

Jika ingin menelusuri Jembatan Limpapeh, pengunjung dapat masuk melalui Taman Margasatwa atau Benteng Fort De Kock dengan membayar tiket masuk cukup Rp 5.000 per orang.

Sementara itu, untuk jam operasional jembatan ini akan buka pada pukul 09.00-16.00 waktu setempat. Jadi, bagi anda yang penasaran dengan Jembatan Limpapeh, hendaknya berkunjung pada jam operasional yang sudah ditentukan.

4.      Daya Tarik Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat para pengunjung penasaran dengan pesona yang ada di Bukittinggi ini. Sayang sekali jika melewatkan objek wisata ini jika anda kebetulan sedang melancong ke kawasan Sumatera Barat.

Sebenarnya, fungsi dari adanya jembatan memudahkan wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata Benteng De Kocok dan Taman Margasatwa. Dengan dibangunnya jembatan ini maka akan sangat mudah bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata tadi.

Jembatan Limpapeh memiliki arsitektur yang kental dengan budaya rakyat Sumatera Barat. Pada area pintu masuk saja memiliki atap runcing yang mirip dengan atap rumah Minang. Bahkan aksesorisnya bernuasna warna kuning, warna kebanggaan warga Minang.

Tak hanya itu, menyusuri jembatan yang fenomenal ini tidak perlu khawatir dengan sedikit goyangan saat melintasi jembatan. Goyangan tersebut hanya efek dari jembatan yang disinggahi banyak orang. Keamananya pun tidak perlu diragukan karena bangunannya kokoh.

Disamping itu, anda akan dibuatk takjub dengan sebuah pemandangan yang sangat menawan. Saat berada di atas Jembatan Limpapeh, anda bisa menikmati pemandangan berupa perbukitan, pertokoan, lalu lintas mobil dan bus di sepanjang jalan perkotaan.

Nah, demikianlah ulasan mengenai Jembatan Limpapeh, objek wisata free yang menarik di Sumbar. Kalau jalan-jalan ke wilayah Bukittinggi, jangan lupa mampir ke objek wisata ini ya. Pastikan pula anda sudah menyewa jasa tour & travel di Pelangi Holidays!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *